Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MEMBUAT DIAGRAM/KOMPONEN GAYA DALAM ARAH SUMBU X DAN Y

CARA MEMBUAT DIAGRAM GAYA (F) PADA ARAH SUMBU X DAN Y



Pernahkah kalian melihat seorang anak laki – laki menarik mobil mainannya dengan tali atau menonton film upin – upin saat mereka sedang bermain mobil mainannya. Bagaimana posisi talinya terhadap tanah ketika ditarik (diberi gaya)?. Gaya adalah tarikan atau dorongan terhadap sebuah benda yang menyebabkan bergerak lebih cepat atau lebih lambat symbol dari gaya adalah F (Force). Kalian pasti sering pergi ke toko swalayan untuk membeli keperluan sehari – hari. Agar bisa masuk ke dalam swalayan, tentu pintu harus didorong atau ditarik. Pernah kalian mengamati tangan kalian ketika memberi gaya F pada pintu tersebut?. Umumnya posisi tangan kalian membentuk sudut 00 terhadap pintu, mengapa demikian.
Dorongan atau tarikan terhadap pintu dengan sudut 00 akan memaksimalkan gaya yang akan kalian berikan pada pintu tersebut. Berbeda jika gaya F yang diberikan itu membentuk sudut lebih dari 00 maka gaya kalian tidak maksimal. Misalkan kalian mendorong dengan gaya sebesar 10 N dengan sudut 00 terhadap pintu maka gaya yang diterima pintu sebesar
Nah bagaimana gaya yang diberikan membentuk sudut 600. Maka gaya yang dihasilkan sebesar :
Kembali lagi ke seorang anak laki yang menarik mobil mainannya dengan tali. Fokusnya adalah menentukan gaya (bagian gaya) yang dipakai agar mobil mainan tersebut dapat bergerak. Kamu harus mengerti bagiamana menguraikan gaya tersebut dalam arah sumbu X dan Y. Dalam menguraikan komponen/bagian – bagian gaya, materi trigonometri harus sudah mampu. Jika belum mahir masih ada cara lain. Perhatikan dengan seksama!
Cara penguraian atau membuat diagaram ( ini hal yang sangat penting dalam penyelesaian soal – soal fisika) seperti berikut :
  1. Kalian buat segitiga, dimana bagian miring segitiga (tali) tersebut adalah  gaya (Garis AC)
  2. Tentu dalam segitiga ada sudut, berikanlah nama sudut antara tali dan bidang datar segitiga (Garis AB). Bidang tegaknya adalah Garis BC.
  3.  Kemdian membuat perbandingan dari masing – masing garis seperti berikut 
  4. Nama perbandingan antara garis BC dan AC adalahdan perbandingan antara garis AB dan AC adalahMengganti garis AC menjadi gaya
    1. Selanjutnya menyatakannya dalam arah sumbu x dan y.
    v  Gaya yang mewakili dalam arah sumbu x adalah Garis AB atau (Fx)
    v  Gaya yang mewakili dalam arah sumbu y adalah Garis BC atau (Fy)
    Dapat kita simpulkan dari nomor 3 dan 4 bahwa :

    5.    Memilih komponen gaya dalam arah x atau y. Pemilihan ini sesuai dengan arah gaya gerak benda. Jika benda bergerak pada bidang datar/horizontal sejajar tanah maka gunakan gaya yang sejajar bidang datar atau tanah. Jika benda bergerak pada bidang vertikal (ke atas atau ke bawah) maka gunakan gaya yang sejajar atau searah dengan bidang tegak pada segitiga tersebut.
    Pada gambar anak laki – laki menarik mobil mainannya, maka gaya yang dipilih adalah gaya yang searah sejajar gerak benda yaitu gaya arah sejajar bidang datar/horizontal atau 

    Misalkan anak laki – laki tersebut menarik mobil mainannya dengan gaya 10 N serta membentuk sudut sebesar 300 terhadap sumbu x (biasa bidang datar atau bisa juga tanah). Tentukan gaya yang digunakan untuk menarik mobilan tersebut ?
    Penyelesian :
    Mobil tersebut ditarik dengan gaya F sebesar 10 N
    Sudut yang terbentuk adalah 300
    Gaya (F) mana yang akan dipilih ?
    Karena benda bergerak sejajar tanah atau pada bidang datar maka yang dipilih adalah gaya arah sumbu x yaitu