Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Suhu dalam Fisika




SUHU

Suhu dalam fisika


Sinar Matahari merupakan sumber energy tak terbatas yang sekarang digunakan dan dikembangkan oleh manusia energy alternative. Panas matahari yang mengenai benda akan menyebabkan benda tersebut mengalami perubahan suhu. Benda akan mengalami perubahan bentuk atau wujud akibat perubahan suhunya. Banyak contoh nyata yang dapat kita pelajari dari lingkungan sekitar mengenai suhu. Misalkan suhu kamar tidur sekitar 260C, suhu knalpot sepeda motor itu begitu tinggi, suhu air sungai itu sangat rendah, dan lain – lain. Kata – kata tersebut memicu otak menimbulkan pertanyaan yang sederhana di dalam pikiran apa itu “Suhu”. Ukuran relative tentang panas dan dingin suatu benda disebut suhu. Seandaiannya ada teman atau adik sedang mengalami perubahan suhu pada tubunya dan kamu menduga bahwa dia sedang demam. Kamu ingin mengetahui panasnya dengan menyentuh keningnya dengan bagian luar tanganmu. Maka suhu badan temanmu atau adikmu yang diperoleh tidak akurat, mengapa demikian. Hal ini disebabkan oleh suhu badanmu, ketika kamu menyentuh kening temanmu maka panas yang berpindah ke tanganmu sangat kecil. Perbedaan panas antara tangan (suhu badanmu) dan suhu temanmu tidak terlalu besar sehingga kamu tidak dapat memastikan dia demam atau hanya kepanasan saja.
Termometer merupakan alat pengukur suhu. Jenis termometer yaitu termometer zat cair dalam tabung gelas (Celcius, Farenheit, Reamur dan Kelvin). Ada dua titik tetap dalam setiap termometer.
1. Titik bawah     : Suhu di mana es sedang melebur pada tekanan normal dan disebut suhu                      titik lebut es
2. Titik atas         : Suhu di mana ari mendidih di bawah tekanan normal (76 cmHg) dan                            disebut suhu titik didih air.
Kedua titik batas  atas dan bawah disebut titik tetap. Perbandingan skala antara termometer C, F, R dan K adalah :

Termometer suhu

Jarak antara batas atas dan bawah dari C, R, F dan K adalah 100, 80, 180 dan 100. Kemudian jarak batas dan bawah tersebut dibagi dengan 20 maka diperoleh hasilnya adalah seperti di atas.
Perhatikan termometer reamur dan kelvin, Persamaan dasar dari termometer tersebut digambarkan seperti berikut :
Perbanding termometer suhu

Contoh Soal
1. Sebuah thermometer Z memiliki titik beku sebesar – 500Z dan titik didih sebesar 2500Z. Jika seorang penelitim mengukur suhu air sungai menggunakan thermometer Farenheit diperoleh suhu sebesar 920F, jika menggunakan thermometer Z maka suhu air sungai tersebut setara dengan ?
Pembahasan :
Perhatikan gambar dibawah, suhu bawah thermometer Z adalah – 500Z dan suhu atasnya 2500Z. Hal ini dapat diselesaikan dengan menggunakan perbandingan seperti berikut :

Soal perbandingan suhu


2. Suhu air dalam gelas kaca jika diukur dengan menggunakan thermometer Farenheit bernilai 1130F. Berapakah nilai yang ditunjukkan oleh thermometer Kelvin?
Pembahasan :








Mengubah suhu Farenheit ke Kelvin



3. Sebuah thermometer Z memiliki titik beku sebesar – 100Z dan titik didih sebesar 2900Z. Jika seorang penelitim mengukur suhu air sungai menggunakan thermometer Farenheit diperoleh suhu sebesar 62 F, jika menggunakan thermometer Z maka suhu air sungai tersebut setara dengan ?
Pembahasan :
Soal perbandingan antara Termometer Farenheit dan Termometer Z